Selamat Datang Di Web. Desa Cikande Permai | Sarana Berita dan Informasi Desa | Terima Kasih.

KANTOR PEMERINTAH DESA CIKANDE PERMAI

Dari Manajer Bergaji Besar, kini Dayari Mengabdi Jadi Kades Cikande Permai

 by M Widodo 16-06-2023 08:22:46 in Inspirasi, Kabupaten Serang

Perjalanan karier Kepala Desa (Kades) Cikande Permai, Dayari sebelum menjadi Kades cukup baik dan moncer. Jabatan terakhirnya adalah manajer bergaji lumayan besar di sebuah perusahaan di seputaran Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang. 

Namun, hatinya terpanggil untuk mengabdi bersama masyarakat, membangun Desa Cikande Permai menjadi lebih maju. Walaupun tantangan dan hambatan jauh lebih rumit, dibandingkan saat menjadi manajer perusahaan. 

Ia tahu persis tentang potensi dan karakter masyarakat Cikande Permai, yang 80 persen penduduknya merupakan pendatang dari berbagai daerah di Indonesia dan tinggal di perumahan. 

Kata Dayari, potensi warga Cikande Permai terletak pada sumber daya manusianya (SDM). Bahwa sebagian besar warganya bekerja di perusahaan dan instansi pemerintahan. 

Tingkat pendidikan warganya, sebagian besar adalah SLTA ke atas. “Sehingga warga Cikande Permai itu komunikastif dan kritis. Komunikasinya mudah,” kata Dayari saat berbincang dengan RADARBANTEN.CO.ID awal pekan ini.

Selain kritis, warganya juga banyak yang paham aturan serta regulasi kepemerintahan.

“Oleh karena itu, saya selalu mengedepankan komunikasi dan selalu up date tentang teknologi informasi untuk mengikuti perkembangan zaman,” kata Dayari.

Dayari sadar bahwa ke depan pelayanan publik semuanya akan berbasis teknologi. “Maka, saya meminta sekdes dan staf untuk selalu menyikapi secara cepat bila ada teknologi pelayanan terbaru, harus segera dipelajari dan diadopsi untuk kepentingan warga,” tambah pria kelahiran Kuningan, 7 Juli 1962 ini.

Dayari juga mengaku bangga. Dari 9 RW di wilayahnya, semuanya sudah mempunyai Posyandu hasil swadaya masyarakat. 

Kades Cikande Permai saat berbincang dengan wartawan Radar Banten awal pekan ini.
Foto: M Widodo

Ke depan ia yakin, dengan masyarakat pendatang yang beragam suku dan pendidikan, mudah diajak berkontribusi untuk memajukan Desa Cikande Permai.

Ditanya terkait pilihannya mundur dari jabatan manajer dan memilih mengabdi menjadi Kades, Dayari ingin membangun desanya menjadi lebih maju.

“Jadi kalo ditanya soal penghasilan, jauh lebih besar saat menjadi manajer. Tapi, saya ikhlas menjalani, mengabdi menjadi Kades ini,” kata ayah dari 4 anak ini.

Dayari yang menjadi Kades periode 2019 – 2025 ini, kini menikmati perjalanan hidup dan kariernya. “Bahwa yang namanya rejeki itu sudah diatur oleh Allah,” tutur pria yang selalu berpeci ini. 

Seperti diketahui, 80 persen warga Desa Cikande Permai merupakan pendatang dan tinggal di komplek perumahan. 

Kendati tinggal di perumahan dengan status desa, tapi pola dan kebiasaan hidup sehari-hari warganya sudah seperti warga perkotaan umumnya. 

Desa Cikande Permai merupakan desa pemekaran dari Desa Situterate, Kecamatan Cikande pada tahun 2012. 

BIODATA

Nama: Dayari

Tempat/Tanggal Lahir: Kuningan, 7 Juli 1962

Alamat: Cikande Permai, Blok B3/21, RT/RW: 02/01

Pendidikan: SLTA

Isteri: Sri Hartati

Anak: 4 (Empat)

Sumber : https://www.radarbanten.co.id/2023/06/16/dari-manajer-bergaji-besar-kini-dayari-mengabdi-jadi-kades-cikande-permai/

by M Widodo

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Cart
Open chat
1
Scan the code
Hello 👋
Can we help you?